twitter
rss

1.   Fungsi Jurnal Khusus
Di muka telah dibahas mengenai pencatatan transaksi dalam buku jurnal umum. Semua jenis transaksi yang terjadi dalam perusahaan dicatat ke dalam satu buku jurnal. Penggunaan sebuah buku jurnal hanya praktis jika diterapkan dalam perusahaan kecil. Dalam perusahaan besar dengan transaksi yang banyak dan setiap jenios transaksi serring terjadi, penggunaan satu jurnal  tentuntidak menguntungkan baik dipandang dari sudut kepraktisan maupun untuk kepentingan pengawasan.
Di dalam perusahaan besar, transaksi-transaksi trertentu terjadi berulang secara terus-menerus. Misalnya transaksi pembeliaan bahan habis pakai (perlengkapan) dan transaksi penjualan jasa yang sering dilakukan  dalam perusahaan jasa. Sementara dalam perusahan dagang, transaksi pembelian dan penjualan barang daganagan akan sering terjadi, baik yang dilakukan dengan pembayaran tunai maupun kredit. Oleh karena itu, agar data yang diperlukan manajemen untuk pengambilan keputusan dapat segera diperoleh, diperlukan buku yang berfungsi khusus sebagai tempat mencatat transaksi yang sejenis. Buku-buku jurnal yang bersangkutan dikenal dengan Jurnal Khusus (special journal).
Buku jurnal khusus umunya digunakan dalam perusahaan yang menyelenggarakan akuntansi secara manual. Beberapa jenis buku jurnal yang digunakan dalam suatu perusahaan, bergantung kepada kebutuhan perusahaan yang bersangkutan. Walaupun demikian, secara umum buku jurnal yang biasa digunakan dalam perusahaan terdiri atas atas satu buku jurnal umum dan empat jenis jurnal khusus. Jenis dan masing-masing adalagh sebagai berikut:
a)      Jurnal Pembelian
Jurnal pembelian (Purchases Journal) berfungsi sebagai tenpat mencatat transaksi pembelian barang (barang dagangan, peralatan, perlengkapan, dan barang lainnya) yang dilakukan dengan pembayaran kredit.
b)     Jurnal Pengeluaran Kas
Jurnal pengeluaran kas (Cash Payments Journal) berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi pengeluaran kas, misalnya pembayaran hutang, pembayaran beban-beban dan sebagainya. Jurnal ini disebut juga Cash Disbursements Journal.
c)      Jurnal Penjualan
Jurnal penjualan (Sales Journal) berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi penjualan  barang dagangan atau jasa yang dilakukan dengan pembayaran kredit.
d)     Jurnal Penerimaan Kas
Jurnal penerimaan kas (Cash Receipts Journal) berfungsi sebagai tempat mencatat semua penerimaan piutang, peneerimaan setoran modal dan penerimaan dari penjualan barang dengan pembayaran tunai.

2 komentar:

  1. sangat membantu para pelajaran yg mndalami ilmu akuntansi

  1. siapapun yg punya, mengatur, dan mengelola blogger ini, bisa minta alamat email nya ?

Posting Komentar